GEOSPASIAL dalam Bidang Perencanaan Wilayah dan Kota


PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Proses kontinyu dalam pengambilan keputusan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada semaksimal mungkin untuk membuat kota tersebut menjadi lebih maju dalam segala bidang.Untuk itu perlu dilakukannya pemetaan sebagai salah satu media untuk melakukan suatu perencanaan struktur ruang dan pola ruang. 

MACAM-MACAM PETA YANG DIGUNAKAN

Perencanaan Wilayah dan Kota perlu memperhatikan berbagai macam aspek kondisi lingkungan serta budaya oleh karena itu sering dilakukannya overlay atau penggabungan beberapa peta. peta yang digunakan dalam Perencanaan Wilayah dan Kota diantaranya:
  1. Peta Umum
  2. Peta Topografi
  3. Peta Kelerengan
  4. Peta Geologi dan Geomorfologi
  5. Peta Jenis Tanah
  6. Peta Hidrologi dan Hidrogeologi
  7. Peta Rawan Bencana Alam
  8. Dll.
KETERKAITAN PEMETAAN DALAM BIDANG PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Perencanaan Wilayah dan Kota tidak lepas dari adanya penggunaan Peta sebagai media komunikasi antara Perencana dengan pihak pihak terkait sebagai perantara informasi. Peta memuat berbagai informasi serta menggambarkan keadaan atau kondisi yang berkaitan dengan wilayah yang harus diketahui oleh perencana sebelum melakukan suatu perencanaan. Perencana harus mengetahui bagaimana kondisi wilayah agar perencanaan yang dilakukan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE TRILATERASI

Metode Mengikat Kemuka

Metode Triangulasi