GEOSPASIAL DALAM BIDANG PERTANIAN

   Pemetaan merupakan sebuah tahapan yang harus dilakukan dalam pembuatan peta. Langkah awal yang dilakukan dalam pembuatan data, dilanjutkan  dengan pengolahan data, dan penyajian dalam bentuk peta. Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Pemetaan dalam pertanian diperlukan untuk mengetahui karakteristik suatu lahan sehingga dapat diketahui jenis olahan lahan seperti apa dan jenis tanaman apa yang cocok di tanam pada daerah tertentu,


MACAM-MACAM PETA YANG DIGUNAKAN

    Dalam bidang pertanian perlu memperhatikan berbagai macam aspek kondisi lingkungan tanah dan sekitarnya baik ksecara kimiawi maupun fisiknya. Oleh karena itu sering dilakukannya overlay atau penggabungan beberapa peta. Peta yang digunakan dalam Pertanian untuk mengetahui karakteristik sehingga dapat menentukan jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanam di daerah tersebut yaitu diantaranya:
  1. Peta Umum
  2. Peta Topografi
  3. Peta Kelerengan
  4. Peta Geologi dan Geomorfologi
  5. Peta Jenis Tanah
  6. Peta Hidrologi dan Hidrogeologi
  7. Peta Rawan Bencana Alam
  8. Peta Curah Hujan
  9. Dll.
PENGGUNAAN PETA TERHADAP BIDANG PERTANIAN

  1. Untuk mewujudkan kinerja sesuai dengan kajian penelitian, maka diperlukan suatu rencana strategis melalui perencanaan strategis inilah secara sistematis dapat mengembangkan suatu sistem manajerial yang efektif dan efisien, yaitu dengan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Potensi kajian penelitian dalam ilmu pendidikan. 
  2. Dengan menggunakan peta, dapan mempermudah perencana untuk membangun atau mengembangkan daerah pertanian tersebut. 
  3.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE TRILATERASI

Metode Mengikat Kemuka

Metode Triangulasi