Resume P-1 SEJARAH PETA

Sejarah Peta

Peta pertama kali dibuat oleh bangsa Babilonia sekitar tahun 2300 M. Peta pertama masih berbentuk dari tanah liat. Pada zaman Mesir yang pada saat itu dipimpin oleh Ramses II peta saat itu dibuat untuk kepentingan perdagangan atau suatu wilayah dan masih terbuat dari kulit-kulit hewan seperti rusa. Pada zaman ini pula diketahui bahwa adanya keberadaan Nabi Musa.
Peta selanjutnya yaitu pada zaman Yunani. Peta berkembang sangat pesat pada saat itu. Muncul sebuah gagasan dari Eratosthenes  bahwa bumi itu bulat dan bahwa bumi mengelilingi matahari. Erastosthenes juga menghitung jarak bumi dengan matahari dan juga bumi dengan bulan.Pada zaman Romawi muncul peta Cadaster yaitu peta kepemilikan tanah dan dibuat untuk kepentingan kerajaan dalam pengaturan pembayaran pajak. Perkembangan peta pada zaman Arab/Islam digunakan untuk perdagangan. Peta saat zaman Militer digunakan untuk menguasai atau mejajah suatu daerah.
 Pada abad 16 mucul nama Abraham Ortelius ia dalah seorang ahli geografi dari Flandiriaia dikenal sebagai pembuat atlas modern pertama di dunia yang ia beri nama Theatrum Orbis TerrarumPada abad 18  banyak orang yang melakukan ekspedisi untuk datang ke Indonesia dengan kepentingan mencari rempah-rempah. Oleh sebab itu peta topografi Indonesia pertama dibuat dengan jangkauan wilayah Batavia-Semarang. Pada Abad 19 Franz Wilhelm Junghuhn membawa tanaman kina dsn ditanam di Kawah Putih. Kina bias diolah untuk mejadi obat malaria.
Pada abad 20 saat Indonesia dijajah oleh Belanda dibuatlah atlas Indonesia.

-
Rajwa komalaningtyas                   10070318082
Tresna Fuji Ilahi                               10070318084
Chantika Mauliddina Fabanyo      10070318085

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE TRILATERASI

Metode Mengikat Kemuka

Metode Triangulasi